Kalpataru

KaBEN_2859lpataru adalah pohon yang mengabulkan permintaan ( the wish granting tree) dalam mitologi Hindu. Tulisan mengenai pohon ini ditemukan dalam literatur Sansekerta dari sejak awal (Rigveda). Secara kiasan melambangkan sumber yang berlimpah. Di India pohon kelapa dikenal dengan sinonim “kalpataru” karena menyediakan banyak kebutuhan manusia. Di Indonesia, ada penghargaan yang dinamakan Penghargaan Kalpataru, dimana diberikan kepada pihak yang bersangkutan jika pihak tersebut melaksanakan penanaman tumbuhan atau pohon dengan tugas yang mulya.

Salah satu relief pada Candi Pawon (abad ke-8) di Jawa, Indonesia menampilkan citra Kalpataru, pohon hayat yang dijaga Kinnara-Kinnari, Apsara dan Dewata. Pasangan Kinnara-Kinnari dapat pula ditemukan pada relief di  candi Borobudur, Mendut, Pawon, Sewu, Sari dan Prambanan. Pohon yang melambangkan pengayoman ini berasal dari kata Kalpa yang berarti kehidupan dan taru yang berarti pohon; pohon kehidupan. Secara luas pohon ini memberikan makna mengayomi, meneduhkan dan menentramkan bagi kedua belah pihak yang berbeda dan memberikan teladan bagi para penguasa untuk dapat melindungi, mendamaikan dan menentramkan rakyatnya.

Kalpataru (latin: Adansonia digitata-baobab) adalah pohon mitologis dalam kepercayaan Hindu, yang melambangkan pohon sakti pengabul segala kehendak ( a wish-fulfilling divine tree) yang dibutuhkan oleh umat manusia. Distiap cabangnya tumbuh berbagai macam buah dan bunga yang diinginkan dan diyakini memiliki kebajikan bagi siapapun yang memakan buahnya dapat menikmati kehidupan abadi.

Ketika Indra—raja dari segala dewa—kehilangan kerajaannya, Ia menghadap Dewa Wishnu, Sang Maha Esa untuk meminta bantuanNya agar dapat meraih kembali. Dewa Wishnu menasihati agar dirinya memasuki samudra untuk memperoleh air suci amrita  sehingga Indra dan para dewa dapat memperoleh kehidupan abadi dan mampu mengambil alih kembali kerajaannya yang hilang.

Empat belas pusaka muncul dari dalam samudra saat Indra menyelami kedalaman laut dimana salah satunya yang utama adalah Kalpavriksha—pohon pengabul segala kehendak, Kamadhanu—sapi pengabul segala kehendak, dan Dhanvatari—seorang tabib—penjelmaan dari Wishnu, musuh dari segala macam penyakit yang memberinya Ayurveda, ilmu penyembuhan.

Bersama dengan Kamadhanu atau ‘sapi pengabul segala kehendak’, Kapavriksha yang  ‘muncul saat menyelam lautan’ dan raja dari segala dewa, akhirnya Indra berhasil kembali ke surga. Kalpavriksha dilambangkan sebagai sumber rejeki karena kemampuannya yang dapat memenuhi segala kebutuhan manusia. kalpavriksha atau Kalpataru adalah pohon yang tenar dapat memberikan efek kesehatan dan sebagai mitos dikenal sebagai ‘pohon pengabul segala kehendak.’

Sumber:                                                                                                                                          1. Kalpavriksha – Wikipedia, the free encyclopedia                                                     2. Kalpataru Tree: The wish-granting tree. Metaphysics knowledge

Drawing by abbysoekarno, 2011

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s